• SDIT TAHFIDZ BINTANGKU
  • MEWUJUDKAN GENERASI QUR'ANI, CERDAS, DAN BERWAWASAN GLOBAL
  • sdittahfidzbintangku@gmail.com
  • 081 252 517 464
  • Pencarian

Kurikulum

  1. Kurikulum SDIT Tahfidz BintangKU dikembangkan secara berkesinambungan  mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk  menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan Standar Penilaian merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.  Penyusunan  Kurikulum SDIT Tahfidz BintangKU ini  juga  berpedoman  pada  panduan  yang  disusun  oleh  Badan  Standar  Nasional  Pendidikan  (BSNP)  dan  ketentuan  lain  yang  menyangkut  kurikulum  dalam  UU  Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan  Pemerintah  No.  19  Tahun  2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan diperbaharui lagi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan  Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  nomor 61 Tahun 2014  tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  (KTSP).

  2. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SDIT Tahfidz BintangKU bertumpu pada eksplorasi standar isi, proses, dan standar kompetensi lulusan.  Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai. Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan.Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Untukmendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (problembased learning), penumbuhan pembelajaran dengan bertumpu pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi,  keterampilan abad 21 (critical thinking, creative, collaborative, dan communicative), serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, menggunakan aneka sumber belajar,  dan mendorong peserta didik mencari tahu.

Halaman Lainnya
Visi, Misi dan Tujuan

Visi Sekolah      Membentuk Generasi Islam Yang Berakhlaq Mulia dan Tangguh. Misi Sekolah    Menjadi lembaga dakwah berbasis pendidikan yang terdepan dalam mel

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 14202 kali